penyebab aquaplanig

Harus Tahu! Penyebab Aquaplanig dan Cara Mengatasinya

Sebelum membahas mengenai penyebab aquaplaning atau hydroplaning, ketahui dulu pengertian dari aquaplaning itu sendiri.

Apa Itu Aquaplaning?

Aquaplaning atau Hydroplaning adalah keadaan dimana ban mobil yang Anda kendarai kehilangan penapakan atau traksi pada permukaan jalan yang disebabkan karena ban mobil tidak mampu memecah genangan air dengan sempurna.

Umumnya, aquaplaning terjadi pada saat musim hujan karena banyaknya air yang tergenang di jalan akibat sisa-sisa air hujan. Tidak hanya karena sisa-sisa air hujan, aquaplaning juga dapat terjadi karena tumpahan  air atau cairan dari kendaraan lain yang melintas.

Pada saat aquaplaning, mobil Anda akan meluncur kencang ke depan seperti berjalan di atas permukaan es. Akibatnya, mobil Anda tidak bisa dikendalikan. Risikonya, Anda akan mengalami kecelakaan.

Penyebab Aquaplaning

penyebab aquaplaning

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, aquaplaning terjadi karena ban mobil tidak mampu memecah genangan air yang ada di permukaan jalan dengan sempurna. Akibatnya mobil Anda akan kehilangan traksi pada permukaan jalan dan mobil Anda akan tergelincir.

Tetapi selain faktor di atas, ada faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya aquaplaning. Berikut penjelasannya:

  1. Kecepatan yang Terlalu Tinggi

Penyebab aquaplaning yang pertama adalah Anda memacu kendaraan dengan kecepatan yang terlalu tinggi saat melewati genangan air. Saat Anda memacu kendaraan Anda dengan kecepatan tinggi, maka daya angkat mobil akan semakin besar yang menyebabkan tekanan ban pada permukaan air menjadi lebih sedikit.

  1. Tekanan Udara Kurang

Kurangnya tekanan udara pada ban mobil juga merupakan salah satu penyebab aquaplaning. Saat tekanan udara pada ban kurang, maka ban tidak memiliki area kontak dengan aspal yang makasimal. Hal tersebut menyebabkan daya cengkram berkurang.

Baca Juga : Kesalahan Saat Merawat Mobil

  1. Permukaan Ban yang Sudah Aus

Permukaan ban yang sudah aus juga merupakan penyebab aquaplaning. Aquaplaning terjadi karena ban mobil yang tidak mampu memecah genangan air yang ada di permukaan jalan dengan sempurna. Jika permukaan ban yang Anda gunakan aus maka ban tidak akan bisa memecah air dengan sempurna.

  1. Desain Permukaan Ban yang Tidak Sesuai

Desain permukaan ban yang tidak sesuai dengan keadaan jalan yang dilewati juga dapat menyebabkan terjadinya aquaplaning. Contohnya telapak ban semi slick digunakan pada jalanan yang basah.

Cara Mengatasi Aquaplaning

Berikut adalah cara untuk mengatasi terjadinya aquaplaning:

  1. Kurangi kecepatan saat melewati genangan air

Sesuai dengan yang sudah dijelaskan kecepatan adalah salah satu penyebab aquaplaning terjadi. Jadi, saat Anda melewati genangan air kurangilah kecepatan Anda.

  1. Periksa keadaan ban apakah sudah aus atau masih bagus.

Sebelum berkendara, periksalah dahulu desain permukaan ban apakah sudah sesuai dengan keadaan jalan yang akan dilewati atau tidak.

  1. Ikuti jalan yang dilalui oleh kendaraan di depan Anda

Mengikuti jalan yang telah dilalui kendaraan di depan Anda dapat mengurangi risiko aquaplaning. Karena bekas ban kendaraan di depan dapat mengurangi jumlah air yang akan kita lalui.

  1. Usahakan jangan menginjak rem secara mendadak

Menginjak rem secara mendadak dapat menyebabkan ban mobil Anda terkunci. Ban mobil yang terkunci dapat menyebabkan mobil tergelincir.

No Responses

Leave a Reply