Kesalahan Saat Merawat Mobil

Ketahuilah! Kesalahan Saat Merawat Mobil yang Mungkin Sering Anda Lakukan

Saat Anda memiliki mobil, pasti Anda ingin mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik. Oleh karena itu, Anda akan melakukan apa saja agar mobil Anda selalu dalam kondisi yang baik. Salah satunya adalah melakukan perawatan terhadap mobil Anda. Tetapi, tanpa Anda sadari Anda malah melakukan kesalahan saat merawat mobil kesayangan Anda.

Dalam merawat mobil, Anda harus berhati-hati agar nantinya tidak muncul permasalahan pada mobil Anda. Jangan sampai setelah dua atau tiga tahun mobil Anda mengalami kerusakan akibat kesalahan dalam merawat mobil.

Banyak pemilik mobil melakukan kesalahan saat merawat mobil. Tetapi, kesalahan tersebut mungkin tidak Anda sadari, sehingga Anda tidak tahu mana cara merawat mobil yang benar dan yang salah. Kesalahan-kesalahan yang sering kita lakukan seperti tidak pernah servis rutin, langsung menginjak pedal gas saat mobil baru dihidupkan, menyalakan AC saat RPM tinggi, mencuci mobil dengan deterjen, dan lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut akan dijelaskan beberapa kesalahan saat merawat mobil kesayangan Anda yang mungkin sering Anda lakukan.

Beberapa Kesalahan Saat Merawat Mobil

Kesalahan Saat Merawat Mobil

  1. Langsung Menginjak Pedal Gas saat Mobil Baru Hidup

Sebelum melakukan aktivitas, Anda biasanya akan menyalakan mesin mobil Anda di pagi hari. Hal tersebut baik untuk mesin mobil Anda, tetapi hal tersebut merupakan salah satu kesalahan saat merawat mobil. Sebaiknya jangan langsung menginjak pedal gas pada saat mobil baru dihidupkan. Karena, saat baru dihidupkan tidak seluruh komponen mesin akan terkena pelumas bahan bakar. Anda harus menunggu beberapa menit, tergantung dari mesin yang Anda gunakan.

  1. Tidak Pernah Servis Rutin

Kebanyakan pemilik mobil hanya melakukan perawatan dengan mengganti oli, persneling, dan gardan saja, tidak pernah melakukan servis. Hal tersebut merupakan salah satu kesalahan saat merawat mobil, karena akan membuat mesin mobil Anda mengalami kerusakan. Melakukan perawatan pada mobil jangan hanya setengah-setengah, tetapi harus menyeluruh. Mesin mobil akan bekerja dengan optimal jika Anda perhatikan sepenuhnya.

  1. Menyalakan AC saat RPM Tinggi

Saat sedang dalam perjalanan, tidak dianjurkan untuk menyalakan AC saat RPM sedang tinggi. Usahakan untuk menyalakan AC saat RPM sedang rendah. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi  gesekan yang terlalu keras antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC dan menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras lagi.

  1. Mencuci Mobil dengan Deterjen

Kesalahan Saat Merawat Mobil

Banyak orang meyakini mencuci mobil dengan deterjen dapat membuat mobil Anda terlihat lebih mengkilap. Tetapi, cara tersebut adalah salah satu kesalahan saat merawat mobil, jadi Anda tidak perlu melakukannya lagi. Jika Anda terlalu sering menggunakan deterjen untuk mencuci mobil Anda maka akan ada konsekuensi yang didapat. Efeknya yaitu, warna cat mobil Anda lama-kelamaan akan memudar.

Baca Juga : Penyebab Mobil Ndut Ndutan Saat Injak Gas

  1. Mencuci Lantai Kabin dengan Air

Banyak orang mencuci lantai kabin menggunakan air. Padahal cara tersebut adalah salah satu kesalahan saat merawat mobil, karena dapat berpengaruh pada keawetan bodi mobil. Jika bodi mobil sering terkena air maka akan cepat berkarat. Selain itu mencuci lantai kabin dengan air juga dapat menyebabkan kerusakan pada audio atau aliran listrik.

  1. Menggunakan Pembersih Kaca untuk Membersihkan Kaca Belakang

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pemilik mobil saat membersihkan mobilnya adalah menggunakan pembersih kaca untuk membersihkan kaca belakang. Membersihkan kaca belakang mobil dengan pembersih kaca dapat membuat kaca terlihat mengkilap. Tetapi, cara tersebut merupakan salah satu kesalahan saat merawat mobil. Karena pembersih tersebut dapat merusak komponen kabel pemanas defogger kaca mobil bagian belakang atau antena.

  1. Membersihkan Embun pada Kaca Mobil dengan Lap atau Tangan

Sebagian orang tidak mengetahui bahwa membersihkan embun pada kaca mobil menggunakan lap kain atau tangan merupakan salah satu kesalahan saat merawat mobil. Apabila kaca mobil berembun saat pagi hari atau saat hujan, Anda cukup menyalakan AC mobil dan embun akan menghilang dengan sendirinya. Jika Anda membersihkannya dengan lap atau tangan, maka dapat mengganggu Anda saat berkendara.

  1. Menggunakan Cairan Khusus untuk Membersihkan Kulit Jok

Kesalahan Saat Merawat Mobil

Anda pasti ingin jok mobil Anda terlihat mengkilap dan bersih setiap harinya. Karena itu Anda menyemprot atau membersihkan jok mobil dengan cairan khusus. Tetapi, cara tersebut merupakan salah satu kesalahan saat merawat mobil. Cairan khusus dapat menyebabkan jok menjadi licin bahkan terkadang membuat bau yang tidak enak.

 

No Responses

Leave a Reply