Cara Bersihkan Mesin Mobil

7 Cara Bersihkan Mesin Mobil Anda Sendiri Tanpa ke Bengkel

Cara bersihkan mesin mobil merupakan hal yang perlu Anda ketahui. Karena, merawat mobil merupakan kewajiban bagi para pemilik mobil. Mulai dari memelihara kebersihan body mobil, interior hingga performa mesin dengan jalankan service secara rutin. Tujuannya supaya kondisi mobil selalu terjaga dan mobil Anda selalu dalam keadaan bersih.

Kebanyakan pemilik mobil cuma beri tambahan perhatian lebih pada kebersihan eksterior dan interior dari mobil kesayangannya saja, padahal mesin mobil juga perlu perhatian yang spesifik juga. Jika mesin mobil dijaga kebersihannya, maka mesin mobil pun tidak gampang mengalami kerusakan atau dengan kata lain mesin selalu terjaga dengan awet.

Berbeda dengan eksterior dan interior mobil yang sudah banyak Anda diketahui langkah membersihkannya, ada langkah tertentu yang wajib Anda ketahui saat mau membersihkan mesin mobil Anda.

7 Cara Bersihkan Mesin Mobil Sendiri

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara bersihkan mesin mobil yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa ke bengkel detail. Simak sampai habis agar Anda mengetahui cara bersihkan mesin mobil dengan baik.

  1. Panaskan Mesin

Cara bersihkan mesin mobil pertama adalah panaskan terlebih dahulu mesin mobil Anda. Hindari membersihkan mesin mobil ketika kondisi mesin dingin benar-benar lama atau dalam keadaan mobil sudah sangat lama tidak Anda gunakan. Karena, kotoran yang menempel pada mesin yang dingin akan susah untuk dibersihkan.

Panaskan terlebih dahulu mesin mobil Anda selama 15 menit dan diamkan sebentar. Setelah itu, barulah Anda bisa membersihkan mesin mobil Anda. Hal ini dapat memudahkan Anda membersihkan kotoran yang menempel pada mesin.

  1. Pakai Sarung Tangan

Cara bersihkan mesin mobil kedua yaitu pakailah sarung tangan. Kotoran pada mesin mobil tidak sama dengan kotoran pada eksterior maupun interior mobil. Terdapat zat-zat berbahaya yang kemungkinan saja andaikan terkena tangan dapat mengundang alergi. Agar bisa terhindar dari hal tersebut, cara yang paling tepat adalah dengan menggunakan sarung tangan.

Selain itu, memanfaatkan sarung tangan sementara membersihkan mesin mobil juga berguna sehingga tangan tidak tersetrum komponen yang punya energi listrik dan tangan juga terlindung berasal dari panasnya mesin mobil.

  1. Isolasi Bagian Mesin yang Memiliki Arus Listrik

Sebelum membersihkan mesin mobil, sebaiknya bungkus bagian-bagian mesin yang mempunyai arus listrik. Anda bisa memanfaatkan aluminium foil atau benda lain untuk membungkusnya. Ini wajib dilakukan sehingga mesin senantiasa safe dan tidak kemasukan air yang bisa membawa dampak konsleting listrik pada mesin.

  1. Gunakan Air Bertekanan Rendah Untuk Menyiram

Cara bersihkan mesin mobil berikutnya adalah gunakan air bertekanan rendah. Agar enteng mencucinya, memanfaatkan selang untuk menyemprotkan air. Namun ingat, jangan memanfaatkan air dengan tekanan tinggi layaknya pada steam mobil. Ini bisa merusak komponen mesin mobil.

Bagian pertama bisa Anda membersihkan adalah bawah kap mobil. Selanjutnya membersihkan satu persatu mesin mobil dengan hati-hati hingga tidak tersedia kembali kotoran yang menempel pada mesin mobil.

  1. Pakai Spon dan Sikat

Untuk mempermudah sementara membersihkan mesin mobil, memanfaatkan spon yang lembut. Hal ini dilakukan sehingga tidak mengundang goresan-goresan yang dapat merusak mesin mobil. Selain itu, memanfaatkan sikat kecil atau sikat gigi juga benar-benar dianjurkan untuk membersihkan area-area mesin yang susah dibersihkan atau kotoran yang susah dihilangkan. Namun pilihlah sikat yang lembut dan sikatlah dengan perlahan dan jangan benar-benar keras.

  1. Gunakan Sabun Colek

Untuk membersihkan kotoran dan sisa-sisa oli yang menempel pada mesin mobil, memanfaatkan sabun colek yang sesungguhnya terbukti ampuh mengangkat dan melarutkan kotoran dan oli sehingga mesin mobil lebih enteng dibersihkan. Hasilnya, mesin mobil dapat keluar bersih, kinclong dan tak tersedia kembali kotoran yang menempel.

  1. Jangan Sisakan Bekas Sabun

Cara bersihkan mesin mobil terakhir adalah Anda harus memastikan tidak ada sisa sabun pada mesin. Setelah dibersihkan dengan sabun, jangan sampai ada bekas sisa sabun pada mesin mobil. Bilas seluruh sabun dengan air. Pastikan seluruh komponen mesin terbebas berasal dari busa sabun. Setelah itu, lap dengan kain bersih hingga kering. Kalau sudah, tutup kembali kap mesin mobil dan panaskan mobil lagi. Dengan begitu, mesin mobil dapat lebih cepat kering.

Baca Juga : Penyebab Busi Mobil Hitam

Bersihkanlah Mesin Mobil Anda dengan Rutin

Cara Bersihkan Mesin Mobil

Itulah tadi beberapa cara bersihkan mesin mobil Anda sendiri. Untuk memelihara kebersihan pada mesin mobil, sebaiknya Anda membersihkan mesin mobil dengan teratur. Disarankan Anda membuat jadwal untuk membersihkan mobil secara menyeluruh setidaknya sebulan sekali atau dua bulan sekali. Dengan cara tersebut, mobil tidak cuma keluar bersih dan rapi saja, namun kondisi mobil juga terjaga dengan baik. Semoga info mengenai cara bersihkan mesin mobil ini bisa bermanfaat bagi Anda.

No Responses

Leave a Reply